Curhatan Tentang Pailit dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang.....

1. Apa sih yang dimaksud dengan Kepailitan ??
Kepailitan dan penundaan atau penguduran pembayaran (surseance) lazimnt dikaitkan dengan masalah utang piutang antara seseorang yang dapat disebut Debitor (melalui Undang - undang Nomor 37 Tahun 2004 disebut Debitur) dengan mereka yang mempunyai dana yang disebut kreditor. Dengan kata lain, antara Debitor dan Kreditor terjadi perjanjian utang piutang atau perjanjian pinjam meminjam uang. Salah satu kewajiban dari Debitor adalah mengembalikan utangnya sebagai suatu prestasi yang harus dilakukan. Apabila kewajiban mengembalikan utang tersebut berjalan lancar sesuai dengan perjanjian tentu tidak merupakan masalah. Permasalahan yang akan timbul apabila debitor mengalami kesulitan untuk mengembalikan utangnya tersebut. Dengan kata lain debitor berhenti membayar utangnya.

2. Biasanya penyebabnya apa si yang membuat berhenti bayar utang ??
Keadaan berhenti membayar utang dapat terjadi karena  :
a. tidak mampu bayar 
b. tidak mau membayar
Kedua penyebab tersebut tentu sama aja yaitu mbulkan kerugian bagi kreditor yang bersangkutan. Dipihak lain, debitor akan mengalami kesulitan untuk melanjutkan langkah - langkah selanjutnya terutama dalam hubungan dengan masalah keuangan. 

3. Cara penyelesaian utang piutang dengan jalur apa saja??
Salah satu cara penyelesaian utang piutang  antara lain melalui perdamaian, alternatif penyelesaian sengketa (alternatif dispute resolution/ADR), penundaan kewajiban membayar utang, dan kepailitan.

4. Apa si Fungsi Pailit ??
Hukum pada dasarnya berfungsi untuk melindungi kepentingan manusia. Kepentingan dimaksud adakalanya bersamaan, berbeda atau bahkan bertentangan. Dalam hal kepentingan tersebut bersamaan barangkali tidak akan menimbulkan masalah dalam kehidupan atau hubungan hukum tersebut. Demikian pula dalam hal kepentingannya berbeda, tetapi tidak berpertentangan atau tidak dipersoalkan. Mungkin menimbulkan masalah dalam hal kepentingan tersebut bertentangan dan dimunculkan ke permukaan sehingga menimbulkan suatu konflik kepentingan.

5. Apa saja faktor - faktor tentang UUKPKU ??
a. Untuk menghindari perebutan harta debitor apabila dala waktu yang sama ada beberapa kreditor yang menagih piutangnya dari debitor
b. Untuk menghindari adanya kreditor pemegang hak jaminan kebendaan yang menuntut haknya dengan cara menjualbarang milik debitor tanpa memperhatikan kepentingan debitor atau para kreditor lainnya
c. Untuk menghindani adanya kecurangan - kecurangan yang dilakukan oh salah seorang kreditor atau debitor sendiri.

6. apa saja asas - asas yang mendasari UUKPKPU ??
a. Asas Kesimbangan
b. Asas Kelangsungan Usaha.
c. Asas Keadilan
d. Asas Intergritas

7. Apa saja Dasar Hukum Kepailitan ??
a. Pasal 1131 KUHPerdata yang berbunyi :
"Segala kebendaan si berutang, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak, baik yang sudah ada maupun yang akan ada di kemudian hari, menjadi tanggungan untuk segala perikatan perseorangan".
b. Pasal 1132 KUHPerdata yang berbunyi :
"Kebendaan tersebut menjadi jaminan bersama - sama bagi semua orang yang mengutangkan padanya; pendapatan penjualan benda - benda itu dibagi - bagi menurut keseimbangan, yaitu menurut besar - kecilnya piutang masing - masing, kecuali apabila di antara para berpiutang itu ada alasan - alasan yang sah untuk didahulukan"
c. Pasal 21 UUKPKPU yang berbunyi :
"Kepailitan meliputi seluruh kekayaan debitor pada saat putusan pailit diucapkan serta segala sesuatu yang diperoleh selama kepailitan"

8. Apa aja si yang menjadi Syarat untuk dapat dinyatakan Pailit ??
Syarat untuk dapat dinyatakan Pailit melalui Putusan pengadilan :
a. Terdapat minimal 2 orang kreditor
b. Debitor tidak membayar lunas sedikitnya 1 utang
c. Utang tersebut telah jatuh waktu dan dapat ditagih

9. Siapa saja pihak yang dapat mengajukan permohonan pailit ??
Pihak yang dapat Mengajukan permohonan Pailit :
a. Debitor yang bersangkutan
b. Kreditor atau para kreditor
c. Kejaksaan untuk kepentingan umum
d. Bank Indonesia apabila debitornya
e. BAPEPAM dalam hal Debitornya perusahaan efek, bursa efek, lembaga kriling, dan penjaminan, lembaga penyimpanan dan penyelesaian



Semoga Bermanfaat...


_MFFH_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar